Definisi Pembelajaran dan Klasifikasi Pembelajaran

Terdapat perbedaan pendapat mengenai pengertian pembelajaran di antaraahli-ahli psikologi pendidikan mengikut mazhab atau fahaman psikologi masing-masing. Berikut adalah definisidefinisi pembelajaran mengikut beberapa orang ahli psikologi pendidikan.

Oemar Hamalik,”Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran”.

Gagne dan Briggs Mengartikan; “pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal”.


Darsono Max Pembelajaran adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih bahan pelajaran dan cara mempelajarinya sesuai dengan minat dan  kemampuannya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merupakan proses interaksi antara guru dengan siswa yang ditujukan untuk melakukan perubahan sikap dan pola pikir siswa kearah lebih baik untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Klasifikasi Pembelajaran
Proses pembelajaran melibatkan aspek mental, fisikal, emosi dan sosial. Secara umumnya pembelajaran dapat dikelompokan menjadi 3 jenis yaitu:
a. Pembelajaran Formal
b. Pembelajaran Informal (Tak Formal)
c. Pembelajaran Non-Formal (Bukan Formal)

0 komentar